Tips Menghadapi Ujian di Badan kepegawaian Negara pusat – Jakarta

Waktu itu, 24 september 2014, aku sedang santai see santai santainya di rumah.  Tiba-tiba temenku sms mengabari kalau aku dan dia akan ujian bersama di BKN pada tanggal 1 oktober 2014. Setelah aku cek di situs BSN, ternyata benar, namaku masuk dalam daftar lolos seleksi administrasi yang merupakan tahap seleksi awal CPNS BSN dan dapat mengikuti tahap seleski selanjutnya, yaitu tes TKD di kantor pusat  Badan kepegawaian Negara (BKN). Ini daftarnya  :

Screenshot_2014-09-24-18-08-35

Setelah aku tau penguimuman itu, aku langsung mencari tipe soal ujian CPNS dengan menggunakan CAT. Enam hari prepare untuk ujian, kesimpulan yang ku ambil adalah “ini soal harusnya udah ku pelajari sejak  minimal 2 bulan bulan yang lalu dengan intensif, dan materinya harusnya sudah  sering lewat ke otakkku minimal 10 kali”.. jreeenggg… ke – pesimisan mulai muncul dalam diriku.

Enam hari berlalu, Pukul 22.00 tibalah aku dirumah saudara temenku, di Jl. Raya Bogor km 37, sukmajaya – Depok, yang ku tebengi perjalanannya. Aku langsung bergegas mandi dan membersihkan diri. Pkl. 23.00 aku kembali membaca materi. Pkl.01.30 aku baru tidur. Pkl. 04.00 aku bangun dan langsung mandi. Sarapan,  Siap siap Kemudian sedikit membaca lagi. Pkl. 05.00 kami, aku dan keluarga temenku, berangkat ke BKN. Alamat kantor pusat BKN adalah di Jl. Letjen Sutoyo No.12 Jakarta Timur 13640.

Dalam perjalanan aku banyak membaca, alhasil kepalaku puyengnya bukan main. Tp aku coba menenangkan kepalaku dengn minum air isotonic dan air putih. Ternyata kurang mempan. Ahirnya aku berhanti membaca. Sampailah aku di kantopr pusat BKN pukul 06.40.  aku melakukan registrasi satu jam sebelum mulai ujian,  pkl.07.00.  Pukul 07.45 kami pelaksana ujian sesi 1 di perintahkan masuk ke ruang ujian lantai 2.

BKN, 1 Oktober 2014 pkl.08.10 aku memulai ujian dengan pembukaan Al-Fatihah. Dengan bekal minim materi dan latihan serta kepala yang kehabisan energi aku mengerjakan soal.  Setelah ijian selesai, hasil kepesimisanku telah berhasil muncul di hasil ujian. Nilai TKW ku kurang 5 anggka untuk mencapai standard (standar nilai TKW th 2014 adalah 70, kalian bias tebak nilaiku..hehe). Dengan  nilai TIU dan TKP yang hanya rata-rata saja lebihnya dari standard. Dalam perjalanan pulang munculah kebaikan hati untuk berbagi, -hehe :  TIPS  Menghadapi Ujian di Badan kepegawaian Negara pusat – Jakarta :

  1. Siapkan pemahaman Materi

Persiapan memahami materi-materi ujian TKD merupakan menu utama untuk memakan soal-soal ujian TKD – CPNS. Terutama mengenai 3 pilar Indonesia, seperti UUD 45. Latihan soal itu penting, tapi memahami materi itu lebih penting dari segalanya. Pengalaman di ujianku, soal-soal TKD yang muncul tidak dengan gamblang menanyakan suatu permasalahan. Soal-soal tersebut menceritakan suatu kejadian, kemudian untuk menjawabnya  membutuhkan pemahaman kita terhadap materi dasar yang kit abaca tersebut.

  1. Banyak lah latihan soal

Setelah materi sudah kita pahami dan kuasai, banyak-banyaklah kita latihan soal. Karena dengan latihan soal kita bisa mengetahui tipe berbagai soal dengan 1 jawaban. Disinilah pemahaman materi semakin kuat dan sangat di butuhkan. Ingat, seperti yang telah aku sampaikan diatas,  “ini soal harusnya udah ku pelajari sejak  minimal 2 bulan bulan yang lalu dengan intensif, dan materinya harusnya sudah  sering lewat ke otakkku minimal 10 kali”.

  1. Berhenti Belajar 1 minggu sebelum ujian

Releks –kan fikiran , istirahatkan otak dari belajar 1 minggu sebelum ujian dimulai. Remajakan otakmu dengan membaca bacaan ringan, seperti  berita-berita ter- update tentang politik atau tentang berita berita lainnya yang ada di Indonesia yang sedang booming. Ini penting, terbukti keluar soalnya di ujian TKD ku mengenai kemacetan yang terjadi di jalur pantura saat mudik, kota yang di sorot pas sekali yaitu kota kelahiranku – Cirebon.

  1. Siapkan persyaratan test 3 hari sebelumnya

Usahakan persyaratan test sudah siap di map cantik dua ato tiga hari sebelum perjalanan menuju Jakarta. Agar tidak terburu waktu.

  1. Siapkan kondisi tubuh yang prima dan rapikan barang-barang yang akan dibawa

Kondisi yang bugar saat tes akan mendukung kelancaran ujian TKD. Persiapkan mental dan fisik jauh jauh hari agar ujian tidak terganggu. Terahir siapkan barang-barang yang akan di bawa untuk beberapa hari menginap di Jakarta. Selain perlengkapan pribadi. Rute perjalanan, timing yang pas dan alat transportasi yang akan di gunakan sangat penting di siapkan. Jangan lupa bawa snack agar tidak kelaparan di jalan.

Sekian tips dari aku, sukses untuk kalian yang membaca ceritaku ini. Kesimpulan ujiannku adalah “tahun depan Insyallah coba lagi dengan persiapan yang matang, semoga cpns dibuka kembali th depan” aamiin.

Author: zha.zulekha

I just want to save my experience as informative site. Thanks to visit,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s