simple dishes breaking fast

5. Chikin shōyu

Bahan:

1 kg sayap ayam (bahan dasar)

Bahan wajib

5 siung bawang putih

5 biji asam jawa

3 butir kemiri

Laos setengah ibu jari

Jahe setengah ibu jari

kecap

Persiapan :

bawang putih, kemiri, Laos, Jahe, di ulek halus.

Nguleknya pake tangan ye, biar lebih ajibb..😀

Cara memasak:

Siapkan ayam yang sudah dicuci bersih, terus dicampur ama ulekan bumbu yang uda disiapin. Abis entu, kasi air ampe ayamnya tenggelam, kasi garam (kalo gue pake 2 bungkus masako sedang), kasi 1 sendok teh gula pasir, kecap (kalo gue pake 1/4 kecap bango ukuran kecil), ama asam jawanya juga campurin. Pokonya di campur merata ye. Kalo udah baru dah direbus ampe agak mateng. Kalo udah, baru dah digoreng.  Ngrebusnye kaga usa terlalu mateng yee biar pas digoreng kaga ancur. ayam yang udah kecoklatan digoreng tiriskan ya.

Chikin shōyu

Abis entu bikin sambal kacang kecap, bikinnye gampang bgt. Campurin Irisan cabe rawit, ulekan kacang tanah yang udah di goreng, irisan tomat, ama kecap nye. Siap deh sambal kacang kecap nyua.

sambal kacang kecap

6. rumba

Gue binun mao ngasi nama apaan, temen gue yang dari blitar juga binun ama nama masakan yang mao gue buat. Tapi ya sudahlah, di daerah gue amang namanya gitu kok. hehe

Caw ahhh, yang penting ajiibbbb😀

Bahan:

Sayur : Sawi putih, kubis, kacang panjang

Air putih

5 siung bawang putih

3 butir kemiri

Laos sepertiga ibu jari

Jahe sepertiga ibu jari

Cabe rawit

Bawang merah

Kelapa parut (secukupnya, sesuai selera)

Kacang tanah (uda digoreng)

Bahan wajib

Siapin:

bawang putih, kemiri, Laos, Jahe, Kacang tanah di ulek halus. Biasa ya Nguleknya pake tangan.

Rebus sayur setengah matang.

Goreng bawang merah sampai coklat renyah.

Cara memasak:

panasin minyak goreng secukupnya. Terus goreng bahan yang udah diulek. Kalo udah agak coklat, kasi air lalu sangrai rata. Setelah itu masukin garam, ama gula secukupnya. Kemudian masukin kelapa parut ama ulekan kacangnya. Sangrai hingga harum dan merata. Kasi air putih sangat cukup (bahasa yang bingungin). Setelah entu, masukin sayur nya (yang uda direbus setengah matang). Campur rata. kalo udah hidangkan dengan ditaburi bawang goreng. Jadi deh😀

rumba

Author: zha.zulekha

I just want to save my experience as informative site. Thanks to visit,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s