Hi, yoku irrasshaimashita in my blog..
Karena bulan ramadhan, minggu-minggu ini gue mau tulis-tulis resep masakan aneh  gue. Resepnya sederhana banget, gak jauh-jauh dari bawang putih, bawang merah ama cabe. Pokonya gak nyusain, cocok buat lo, anak kos, yang males keluar buat buber. Ato lo yang sukanya buber di kos doang ama temen-temen sambil masak-masaknan. Ato mungkin buat lo yang emang jarang banget diajak buber ato kaga punya temen buat buber jadi lebih memilih buka puasa di kos sendirian, terus karena bete jadi coba masak-masakan sendirian. Haha, sorry ni ga ada maksud singgang singgung. Daripada nanti ada yang ke singgang singgung, mending gue jujur deh, Yang bener adalah buat lo yang kaga bisa masak tapi pengen masak. Gitu tepatnya. Damai kan bro., :D
Oya jangan heran ama nama masakannya yang ngebingungin, soalnye gue campur nama masakannye pake bahasa jepang ato korea. Alasan utamanye karena gue suka banget ama tu bahasa, alasan ga utamanye biar keliatan gokil gitu deh. Hehe
Dan jangan heran juga kalo resepnya (bumbu) ama bahan-bahan yang dipake itu-itu doang. Namanya juga resep sederhana, jadi ga pake ribet, yang penting banyak macamnya. (alasan paling bener adalah emang karena gue ga bisa-bisa amat buat masak masakan yang spesial.hehe. tapi jangan salah ya masakan gue yahut, ajib abis :P) keburu dateng lebaran ni, langsung gue post tiap hari apa yang gue masak (kalo sempet, hehe) aje ye. Met menunaikan ibadah puasa aja bagi yang menjalankan.. maaf lahir batin 

Hari pertama
Buat buka puasa dihari pertama ini gue masak sayur, tempe, tahu ama bakso. Emmmmm rasanya yami banget, tempenya gue jadiin tempe kecap ama sayur nya gue jadiin semacem oseng gitu deh.
Yang tempe kecap gue namain tempe yaketa atau tempe hangus (yaketa, jepang),ama Yang sayur  gue namain oseng tanoshii. Dan ini resepnya :D
Upss.. sebelumnya gue kasi tau bahan wajib buat masak ama sedikit tipsnya dulu ye,
Bahan wajib saat mau masak:
Minyak goreng
Gula
Garam
Menurut gue ketiga nye wajib ada kalo mau masak. Buat gula, lebih sedap kalo pake gula merah ato gula jawa. Dikasi ke  masakan secukupnye aje, buat ngimbangin rasa asinnya garam, biar masakan lo lebih smooth, se semooth kulit wajah lo. Hehe
Garamnya, kalo gue biasa pake masako ato roico. Pake garam murninya dikit aja dan ga pake penyedap kaya sasa ato yang kita kenal : msg . soalnya ga baik buat kesehatan, apalgi yang punya  tenggorokan sensitif.  Sebenernya roico ato masako juga uda termasuk penyedap, tapi menurut gue lebih aman, soalnya bahan-bahannya dari bumbu alami yang biasa buat kita masak, bedanya Cuma karena uda dikemas dan ada awetannya.
Minyak, pake minyak goreng secukupnya. Kalo gue lebih suka sedikit ato kurang cukup biar ga terlalu bikin eneg dan ga terlalu banyak lemak. Ok lah mungkin itu bahan wajib nya. Caw ke resep nyokk :D
1.Tempe yaketa
Kata Tempenya sengaja gak gue ganti pake bahasa jepang, biar tetep dikenal ama kite-kite. Hehe. Kenapa gue kasi nama tempe hangus,? Soalnya ni tempe digoreng kering terus disiram ama kecap jadi warnanya gelap gitu, jadi kaya hangus deh.hehe
Bahan:
Tempe (bahan dasar)
Bahan wajib masak
Bawang putih
Bawang merah
Cabe rawit
Tomat
Terasi
Kecap
Persiapan:
Bawang putih,merah, cabe rawit ama tomat semua uda di iris cantik ye.. ama tempe nya uda digoreng renyah (sebelum digoreng, di celubin ke air garam dulu biar rasanya ga tawar)
Cara memasak:
Kaya biasanya lo masak, pertama-tama panasin minyak goreng secukupnya. Kalo uda panas,masukin bawang putih, setelah bawang putih sedikit menguning, masukin bawang merah. Goreng ampe warnanya uda kecoklatan. Terus masukin cabe rawit ama tomat. Goreng terus ampe terasa bau harumnya. Setelah itu masukin sedikit banget terasi, garam, ama gula secukupnya. kalo kaga suka terasi, kaga usa pake. Tenang, tetep maknyus ko rasanya. Kalo udah sip, baru masukin kecap. Di Tempe yaketa ini, kecap merupakan bahan dasar, jadi agak banyak ya ngasinya. Sangrai Terus, kalo uda agak mendidih baru deh kasi sedikit air. Setelah uda semua, siram ke tempe yang uda digoreng renyah. Jadi deh Tempe yaketa yang sederhana tapi nyamii ini.
Nah, jadi tau kan Kenapa gue kasi nama tempe hangus,? Soalnya ni tempe digoreng kering terus disiram ama kecap jadi warnanya gelap gitu, jadi kaya hangus deh.hehe

Tempe yaketa

2. oseng tanoshii
Bahan:
Sayur (bahan dasar)
Bahan wajib masak
Bawang putih
Bawang merah
Cabe rawit
Tomat
Terasi
Persiapan:
Bawang putih,merah, cabe rawit ama tomat semua uda di iris cantik. ama aneka sayur uda diiris-iris rapi.
Cara memasak:
Kurang lebih sama kaya bikin Tempe yaket.  pertama-tama panasin minyak goreng secukupnya. Kalo uda panas,masukin bawang putih, setelah bawang putih sedikit menguning, masukin bawang merah. Goreng ampe warnanya uda kecoklatan. Terus masukin cabe rawit ama tomat. Goreng terus ampe terasa bau harumnya. Setelah itu masukin sedikit banget terasi, garam, ama gula secukupnya. kalo kaga suka terasi, kaga usa pake. Goreng-goreng terus. Kalo uda maknyus baru masukin sayurnya. sayurnya apa aja, terserah lo. Dan inilah alasan gue namain oseng tanoshii. Tanoshii tu artinya suka cita (jepang), jadi masakan kali ini oseng suka cita. Soalnya sayurnya terserah yang lo suka. Kalo waktu gue masak si sayurnya pake sawi ijo, sawi putih, kubis, sedikit banget daun bawang. Terus gue kasi wortel biar sayurnya berwarna. Setelah sayurnya dimasukin, tutup rapat. Biar ada airny, jadi kalo masak oseng tanoshii, kaga usa dikasi air. cukup tutup aja setelah sayurnya dimasukin. Si sayur bakal ngeluarin air sendiri. Jadinya dapet air yang lebih alami kan. Dan tentunya rasanya juga alami maknyusnya. Heee. Oiya tips dari gue kalo masak oseng tanoshii, sayurnya jangan terlalu lepas mateng. Selain kurang renyah, tampilan sayur jadi layu dan bikin ga enak dimakan. Jadi agak mateng aja biar fress dan ajibb disantap.

oseng tanoshii

Itu resep hari pertama, selamat mencoba…
Tunggu di hari kedua ya kalo gue sempet masak lagii :D

oseng tanoshii