Latest Entries »

KAMPUNG INGGRIS pare, Kediri – indonesia

Hello guys.. pasti pada kenal kan kampung inggris yang ada di indonesia?  Apa lagi pada cari tau? Okai.. bisa kamu dapetin sedikit infonya dari cerita gue disini..

Ow, ow, ow., i have been studying english in pare.. maybe until  20 agustus 2011 *pamer banget* Okaeee this my story..

Letak                                                                                                                                                 

Okai kita awali dengan letaknya, Kampung inggris berada di tempat lahirnya cowo gue *this information is not interest ,haha maaf mengganggu perjalanan anda* ok back, kampung inggris berada di kediri, tepatnya di pare . dan ini info lengkapnya *sumber : group FB : KAMPUNG BAHASA INGGRIS PARE-KEDIRI*

Pare, Kediri
Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Kecamatan Pare
Peta lokasi Kecamatan Pare
Provinsi Jawa Timur
Kabupaten Kediri

Pare, adalah sebuah kecamatan di Kabupaten Kediri, Provinsi Jawa Timur. Terletak 25 km sebelah timur laut Kota Kediri, atau 120 km barat daya Kota Surabaya. Pare berada pada jalur Kediri-Malang dan jalur Jombang-Kediri serta Jombang – Blitar. Sudah lama ada wacana Pare dikembangkan menjadi ibu kota Kabupaten Kediri, yang secara berangsur-angsur dipindahkan dari Kota Kediri. Namun niat ini tidak pernah serius dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten atau para Bupati yang menjabat. (mulai era Bupati H. Sutrisno, Wacana tersebut akhirnya benar-benar dibatalkan, karena akan mendapatkan protes dari warga di sebagian wilayah Kabupaten Kediri, terutama di daerah selatan-seperti Kras, Ngadiluwih, Kandat dan Ringinrejo dan di daerah barat sungai Brantas-seperti tarokan, Grogrol, Banyakan, semen dan Mojo. Sehingga diambil jalan tengah dengan menempatkan Pusat pemerintahan di wilayah Kec. Ngasem Kediri, tepatnya di Ds. Sukorejo (biasa disebut Katang) dan akan juga dibangun Pusat Bisnis di Wilayah Kota Baru Gumul.)

Kota Pare yang berada pada ketinggian 125 meter di atas permukaan laut ini mempunyai udara yang tidak terlalu panas. Berbagai jenis jajanan dan makanan enak dan higinis dengan harga “kampung” dapat dijumpai dengan mudah di kota kecil ini. Berbagai infrastruktur dan fasilitas kehidupan kota juga dengan mudah dapat dijumpai: hotel, rumah sakit (yang besar HVA dan RSUD rumah bersalin yang lengkap pun juga ada), ATM bersama (BCA,BNI,BRI,DANAMON,BANK JATIM, MANDIRI), warnet 24 jam ber-AC, dsb.

Pare memiliki tanah yang subur bekas letusan gunung Kelud dan tidak pernah mengalami kekeringan. Produk agraria andalan dari Pare adalah bawang merah, biji mente dan blinjo. Sedangkan oleh-oleh khas dari Pare antara lain adalah tahu kuning dan gethuk pisang. Di Pare sudah lama bermunculan industri menengah bertaraf internasional, seperti industri plywood dan pengembangan bibit-bibit pertanian. Tempat-tempat rekreasi pun telah ada semenjak tahun 1970-an meskipun sederhana, seperti Pemandian “Canda-Bhirawa” Corah dan alun-alun “Ringin Budo”serta sentra ikan hias di dsn Surowono Desa Tertek.

Pare terutama Desa Tulungrejo juga dikenal mempunyai potensi pengembangan kursus Bahasa Inggris. Saat ini lebih banyak bermunculan berbagai jenis bimbingan belajar terutama kursus-kursus Bahasa Inggris. Lebih dari 20 buah lembaga bimbingan belajar menawarkan kursus Bahasa Inggris dengan program program D2, D1 atau short course untuk mengisi waktu liburan. Dalam hal ini, kota Pare sebagai pusat belajar Bahasa Inggris yang murah, efisien dan efektif sudah terkenal hingga keluar Pulau Jawa. Sebagai efek ikutannya, di daerah Tulungrejo sekarang muncul berbagai jenis tempat penginapan dan kost yang menampung para pelajar dan maupun pekerja. Tarif kos per orang bervariasi dari 50 ribu hingga 200 rb per bulan.

Kecamatan Pare menjadi terkenal di seluruh dunia karena di sinilah antropolog kaliber dunia, Clifford Geertz – yang saat itu masih menjadi mahasiswa doktoral – melakukan penelitian lapangannya yang kemudian ditulisnya sebagai sebuah buku yang berjudul The Religion of Java. Dalam buku tersebut Geertz menyamarkan Pare dengan nama “Mojokuto”. Di Pare, antropolog ini sering berdiskusi dan berkonsultasi dengan Bapak S. Sunuprawiro (alm), waktu itu menjadi wartawan Jawa Pos. Pak Sunu merupakan salah satu narasumber yang membantu antropolog tersebut dalam menyelesaikan bukunya.

Pare termasuk kota lama. Ini terbukti dari keberadaan dua candi tidak jauh dari pusat kota, yakni Candi Surowono dan Candi Tegowangi, serta keberadaan patung “Budo” yang berada tepat di pusat kota. Ketiga peninggalan ini membuktikan bahwa Pare telah lahir ratusan tahun lalu. Hanya sampai sekarang belum diketahui dengan pasti kapan kota Pare berdiri dan siapa pendirinya.

Pare merupakan KOTA adipura. sekolah sekolah faforit banyak berdiri di kota pare ini dari TK-SMA negeri. seperti TK negeri SDN pare 5 DLL madrasah ibtida’iyah. juga MtsN Model Pare dan SMP N 2 yang paling terkenal, di tangkat SMA ada SMA N 1 dan 2 merupakan SMA kelas Internasional dan juga ada MAN Krecek.

Desa Di Kecamatan Pare
Pare • Badas • Blaru • Tulungrejo • Bendo • Pelem • Darungan • Sumberejo • Sambirejo • Gedangsewu • Sidorejo • Lamong • Tertek • Canggu • Bringin • Krecek • Tunglur • Sekoto

Kecamatan di Kabupaten Kediri
Badas • Banyakan • Gampengrejo • Grogol • Gurah • Kandangan • Kandat • Kayen Kidul • Kepung • Kras • Kunjang • Mojo • Ngadiluwih • Ngancar • Pagu • Papar • Pare • Plemahan • Ploso              klaten • Puncu • Purwoasri • Ringinrejo • Semen • Tarokan • Wates
sumber: id.wikipedia.org/wiki/Pare,_Kediri

Cara buat pergi ke pare

Gue berangkat ke pare dari jogja, naik travel.  Waktu itu gue cari travel Pesona yang jurusan jogja – malang ny lewat pare, dapet deh travelnya : pesona *ga da maksud buat promosi nih ye* . oh ya kenapa pilih yang jurusan jogja-malang? Soalnya travel jurusan jogja-malang bisa nglewatin Pare.

Kalo uda nyampe tinggalnya dimana? Booking kosan?

*Bagi gue ni pertanyaan jawabannya penting banget*

Kalo uda nyampe terus mau tinggal dimana yah pas Di pare entar? =terutama kosan yang ada di kawasan kampung inggris biar deket ama tempat kursusnya=, okei sante..sante.. jadi di sana itu banyak banget yang warganya bangun rumah buat di jadiin kos-kosan.. cewe..cowo.. jadi loe ga usah hawatir ga dapet tempat tinggal. Tapi kalo masih hawatir dan takut keburu penuh, *secara yang belajar ke kampung inggris ga Cuma orang-orang dari jawa* mending loe pilih tempat kursus yang nyediain dormitory aja. Bingung yah? Jadi begini kawan, tempat kursus di pare tu yah cem macem.. maksudnya banyak macemnya *loh? Sama saza zha! :-D –oh y maaf- * . Gimana maksudnya banyak macemnya? Jadi gini, ada tempat kursus yang nyediain camp ato dormitory buat temen-temen yang kursus di tempat kursus tersebut, ada juga yang engga, tapi banyak juga macem programnya, jadi ada tempat kursus yang cuma ngadain beberapa program saja.. ada juga yang ngadain semua program *sampe IELTS* jadi  janga asal pilih ‘yang penting ada dormitory ny biar gampang’ tapi di liat juga program yang disediakan. Dan ada beberapa tempat kursus *yang nyediain dormitory* yang pendaftarannya  yang loe bisa booking seminggu sebelum dateng ke pare.  Jadi buat loe-loe pade yang gak punya banyak waktu buat dateng duluan sebelum masuk kursus tapi takut ga kebagian tempat tinggal…*silahkan menghela nafas :-D * ikut kursusan yang nyediain dormitory dan booking via telp aja.. like me :-D.. banyak ko tempat kursus yang nyediain dormitory.. so dont be affraid.,

Dan ini dia beberapa tempat kursus di pare *just for information*

Tak kusangka tak kuduga.. ternyata penulis yang novel keduanya belum selesai kubaca itu teman teacher bahasa inggrisku. Ahmad fuadi. Ternyata dunia tidak begitu luas.. dimanapun berada pasti bertemu saudara kita yang belum sempat kita mengenal dengan dalam. Anak adam. Waktu itu aku sedang menunggu kelas masuk sambil baca novel. Tiba-tiba teacherku mengambil novel yang sedang asik kubaca. “Tiga ranah warna” ia membaca judul novel yang ia kenal penulisnya itu. do you know who is penulisnya? Satu pertanyaan yang tak aku duga. “ahmad fuadi” jawabku yang mengira ia benar-banar bertanya nama penulisnya. “no, that not i mean. Do you know? i feel that happen in his novel” beri tahuku. “right? You know this penulis?” tanyaku penasaran. “of course, i know.. i pernah merasakan hal yang sama di gontor” ia menjawab pertanyaanku sambil berjalan masuk kelas. “ow, wait.. can i give you question about that” tanyaku harap. “ok” terima tawaranku. “ok arigatou gozaimas” aku berterimakasih.

ia inspirasiku

(kadori tsuku sono saki ni wa… Nani ga bokura wo matteru)

Malam itu aku  balik ke jogja.. seperti biasa aku menunggu ibu bertanya siapa yang mengantar. Belum ibu bertanya, babeh menawarkan diri untuk mengantar. Aku agak sedikit heran, tidak biasanya. Tapi sudahlah.. mungkin ada sesuatu yang ingin ia bicarakan padaku. Benar saja.. di sepanjang jalan ia takhenti memulai pembicaran. Aku yang terkantuk-kantuk tak begitu fokus mendengarkan pembicaraannya.. mungkin seperti yang biasa dia bicarakan dirumah.. hanya bercerita tentang bagaimana sekolah adikku, atau ibuku yang bawel, atau bengkelnya yang membutuhkan karyawan jujur atau… yah entahlah.. pokoknya hanya bercerita tentang sesuatu bukan mengenai aku. Ohh tunggu.. malam itu ia tidak seperti biasanya.. ia menasehatiku. Kantukku hilang seketika! Ia bercerita dan bertanya mengenai cita-citaku. ia agak canggung memang, tapi itu  hal yang wajar bagiku. Karena dari kecil aku ditinggal ibu dan babeh ke ibu kota. Al hasil mereka tidak mengerti bagaimana sifat, karakteristik, kelebihan, kekurangan, dan bahkan cita-citaku. Sangat sulit memulai pembicaraan di antara kami. Tapi malam itu ia berusaha memudahkannya. aku senang ia yang memulai pembicaraan tentang planingku kedepan. Panjang lebar aku berusaha menceritakannya. Hingga tiba di cita-cita besarku satu tahun sebelum aku lulus sarjana. “Beh, Aku ingin belajar kejepang!” bibirku bergetar mengucapkan kalimat itu. hatiku ngilu, jantungku berdegub kencang, dan mataku mengalirkan beningnya air semangat dari titik nun jauh disana. Aku ceritakan semua usaha yang harus aku lakukan jika aku ingin mendapatkannya. Mendapatkan beasiswa study in japan. Ia langsung menatapku, matanya seolah berkata “gantungkan cita-citamu setinggi mungkin.. tapi jangan lupa dengan yang di bawah”. Iya.. seperti tokyo tower, walau ujungnya telah menjulang tinggi.. ia tetap memijakan kakinya di tananah.

Dengan setia ia mendengarkan ceritaku. Malam itu Aku  merasakan aura seorang ayah.. ayah yang membuat aku telah ada.. walaupun sebenarnya bukan. Tapi aku mengangapnya. Sampai di setasiun. Petugas mengabarkan keterlambatan kereta 1 jam. Aku mengijinkan ia pulang. “pulang aja beh, masi lama, telat keretanya”.  “1 jam.. ga papa, sebentar lagi ko”. Ia bersedia menunggu, it’s amazing. Ia mengajakku ke mini market yang ada di setasiun. Menawarkan aku berbagai macam jajanan. Keherananku makin besar, adakah sesuatu yang mengubahnya seperti ini?. Aku belum merasahakn hal ini sebelumnya. Bahkan dari ibu kandungku!. Malang memang, penyakitku kronis: “have’nt carried a parent for me”. Tapi malam itu.. aka tau jawabannya.. bukan mereka tidak mau memberikan perhatian padaku sebagai seorang anak, tapi mereka tidak bisa menyampaikan perhatian mereka kepadaku. Perbedaan pendapat yang membuatku sulit mencerna bahwa perhatian dan kasih sayang mereka teramat besar untukku. Dan mereka memberikan itu semua setiap hari, dimanapun aku berada. Kereta datang, ia membawa koperku dan memilihkan temapt duduk untukku. Satu kalimat yang terucap darinya, “tidak ada yang tidak mungkin, aku dan ibumu saja bisa.. kenapa kamu tidak..?! berusaha dan berdoalah.. kamu pasti bisa jika kamu mau”. Air bening mengalir dari mataku. Aku cium tanganngannya dan ku lontarkan semangatku, “iyaa.. aku akan berusaha.. dari kalian aku akan belajar”

Di bekali semangat yang luar bisa, kasih sayang dan perhatian yang baru saja terungkap –setelah sekian lama terpendam- aku kembali ke jogja.

Jogja aku datang.. ayolah.. antarkan aku untuk menggapai cita-citaku.

Wahai waktu.. aku kan slalu menghargaimu..

Ingatkan aku jika aku lalai terhadapmu..

Aku yakin kamu akan mengantarkanku di massa yang tepat untukku..

Sampaikan pesanku pada ALLAH “aku kan menunggu dengan berlari”

Karena ku yakin.. cita-citaku sudah siap di depan sana.. hanya aku yang berhak memilih kapan aku mengambilnya..

Dan aku akan lari dengan kencang untuk mengambilnya..

Walaupun ALLAH memastikan itu akan menjadi milik kita..

Untuk apa kita menunggu dan mengejarnya hanya dengan berjalan pelan?

COME ON GUYS, “FINALY WE ARRIVED, BUT WHAT WE WAITING FOR?”

GANBATTE KUDASAI!!!

 

Tadi malam course ku libur, kesempatan yang besar untuk menerima ajakan temanku yang jarang bertemu itu. namanya dwi. Dwi mengajakku ketemuan di  budaya jogja untuk nonton jazz. Ajakan yang tidak mungkin aku tolak.  Kami bertemu di budaya pukul 21.00 saat dentuman bass mulai di terdengar. Dwi yang lima centi lebih tinggi dariku menghampiriku dan memperkenalkan temannya yang ikut menyumbang suara piano malam itu. pemain piano itu kuliah di Isi. Sepertinya jarak tidak menghambat para pencinta jazz  untuk berkumpul mengapresiasikan musik yang dikenal easy listening itu. selain lelaki pemain piano itu, aku juga di kenalkan dengan seniornya yang sering mangkal di sebelah kantor kompas senin malam. Dari cara dia mendengarkan alunan jazz itu aku merasa di sedang mengenang sesuatu. Oh bukan sesuatu tapi seseorang. Seseorang yang dia cintai, suaminya. Satu tahun lalu suaminya pergi dan tak kan mungkin bisa kembali. Kerinduan yang dalam yang kulihat dari sorotan mata Ibu muda yang sedang melihat pemetik gitar di depannya itu. mata dan hatiku tidak tega lama melihat wanita yang sekarang bekerja di MM ugm ini. Malam semakin menghadirkan suasana gelapnya. 22.30 Aku harus pulang. Kekhawatiranku terkunci di depan gerbang kos tak lagi hadir, karena aku sudah memesan dibukakan pintu oleh teman sebelah kamarku. Senang rasanya bisa mengenal mereka. Tak usah khawatir akan sendirian menikmati indahnya musik jazz yang awalnya tidak begitu aku suka ini. Karena ibu muda dan pemain piano itu takan enggan duduk disampingku. Aku ijin pamint, aku menyampaikan pesan hati-hati pada temanku yang besok malam akan pulang kejakarta. Tak lupa aku meminta nomer HP ibu muda itu. “see you next week” balasan smsnya setelah ketikan “salam kenal teh, nice too meet you. Zha”  aku kirim ke nomor HP nya. aku yang mengenakan drass bermotif bunga coklat tersenyum  syukur bisa mengenal mereka. Terimakasih tuhan, telah mempertemukan aku dengan mereka. Semangat mengejar cita-cintaku meledak seketika. Entah dari mana.. mungkin dari alunan jazz itu. hemm.. aku tak kan lagi merasa kesepian. Tak akan.

Baru saja aku mengenalmu

Aku baca isi webnya, “sekolah feminis” untuk kaum muda, menjadi berani, pandai, progresif , baik dan setara.. berobsesi pada belajar.. setia pada perjuangan pembebasan perempuan.. agar adil dalam pikiran..  lalu mengubah dunia.. waktu: 25, 26, 27 februari 2011 tempat: yogyakarta. Lalu kulihat calenderku, sepertinya tidak ada acara. hemmm..  waktu yang tepat.

Dua bulan yang lalu aku membaca postingan yang di tulis 25 oktober 2010 itu, dan baru saja kemarin sore aku selesai mengikutinya. Ternyata butuh persiapan dan waktu yang cukup panjang mengumpulkan masa yang ada di indonesia untuk belajar bersama.

Tiga hari memang waktu yang singkat, tapi ilmu yang kudapat akan bermanfaat di waktu yang lama. Banyak yang kudapat dari kegiatan yang diadakan oleh “perempuan mahardika” itu. Selain teman dari berbagai disiplin ilmu di belahan indonesia,  karakteristik manusia, sifat-sifat  kaula muda era globalisasi, dan pengetahuan yang membukakan mata pun aku dapatkan dari kegiatan ini. Benar saja aku mengatakannya membuka mata, karena baru kali ini aku mengikuti kegiatan yang di adakan oleh organisasi di luar kampus. Sangat menyenangkan, aku jadi mengerti banyak hal.. terutama tentang feminisme yang merupakan tema penting dalam kegiatan itu. Hal yang sering dibicarakan dalam presentasi adalah kesetaraan gender. Banyak sekali perbedaan pendapat dalam pembahasan ini. Hal ini memang wajar, karena latarbelakang agama dan pandangan berfikir  peserta berbeda-beda. Dari klaimat yang tertera di covernya saja di pastikan ada beberapa orang yang tidak setuju, “perempuan keluar rumah! Bangun organisasi dan gerakan perempuan, Lawan patriarki dan kapitalisme untuk kesetaraan dan kesejahteraan”. Hemm.. kalau menurutku sih sah-sah saja.. yaa.. yang jelas kaliamat untuk cover sudah difikirkan baik-baik.

“perempuan mahardika” organisasi yang mengadakan kegiatan ini berpusat di jakarta selatan. tersebar di bumi indonesia, medan, bandung, jogjakarta, makasar, palu, ternate, samarinda. Organisasi itu terbuka untuk umum, seperti LSM atau ormas. Dari perempuan mahardika, Baru saja aku mengenal banyaknya organisasi umum yang berada di indonesia. Dari kegiatannya pula aku mengerti arti feminisme dan kesetaraan gender.

“ternyata banyak hal yang harus aku tahu” Aku tersadar setelah selesai mengikuti banyaknya rangkaian acara. Thanks to allah telah mendaftarkan aku dalam kegiatan ini.

Some people live for the fortune
Some people live just for the fame
Some people live for the power, yeah
Some people live just to play the game
Some people think that the physical things
Define what’s within
And I’ve been there before
But that life’s a bore
So full of the superficial

[Chorus:]
Some people want it all
But I don’t want nothing at all
If it ain’t you baby
If I ain’t got you baby
Some people want diamond rings
Some just want everything
But everything means nothing
If I ain’t got you, Yeah

Some people search for a fountain
That promises forever young
Some people need three dozen roses
And that’s the only way to prove you love them
Hand me the world on a silver platter
And what good would it be
With no one to share
With no one who truly cares for me

[Chorus:]
Some people want it all
But I don’t want nothing at all
If it ain’t you baby
If I ain’t got you baby
Some people want diamond rings
Some just want everything
But everything means nothing
If I ain’t got you, you, you
Some people want it all
But I don’t want nothing at all
If it ain’t you baby
If I ain’t got you baby
Some people want diamond rings
Some just want everything
But everything means nothing
If I ain’t got you, yeah

[Outro:]
If I ain’t got you with me baby
So nothing in this whole wide world don’t mean a thing
If I ain’t got you with me baby

ujian itu biasa saja :)

Ujian itu biasa saja.. iya.. harusnya biasa saja.. tp entah mengapa kadang aku mendapatkan under preasure dengan tiba-tiba saat ujian.. alhasil apa yang aku pelajari menghilang..  pergi meninggalkanku begitu saja..  mungkin terlalu banyak ion-ion negetif yang muncul dari kepalaku ketika itu.

Pernah aku mengalami under preasure setinggi monas saat mengikuti preetest biokimia dasar, dua hari aku siapkan.. aku belajar.. dan hasilnya tidak jauh dengan ion itu, NEGATIF! Bayangkan, dua hari  aku mempelajarinya dan aku inhal, sementara temanku yang baru satu jam mempelajarinya.. tak pernah sekalipun inhal. Malang nya..

Tapi itu dulu.. dulu aku memang lemah dalam menghafal..

Sekarang aku sudah mengerti bagaimana caranya menghafal.. yaitu dengan mengubah menghafal dengan memahami.. dan sampai sekarang metode itu lumayan berhasil mengubahku. apakah anda punya trik lain yang bisa mempercepat hafalan?

Yaa.. semoga selalu ada metode dan ada perubahan menjadi lebih baik.

Dan tugasku dari dulu hingga sekarang hanya satu,  pahami dan ganti ion-ion negatif itu dengan ion positif.

 

Ganbatte kudasai..

pengantar bioteknologi ruang 8 no 8 jam 10
ilmu reproduksi ternak ruang 9 no 27 jam 13
dasar ekonomi industri ruang 9 no 33 jam 07.30
Bahan formulasi ransum ruang 4 no 5 jam 07.30
Dasar teknologi hasil ternak ruang 6 no 6 jam 10
statistika ruang 10 no 6 jam 10
biokimia nutrisi ruang 2 no 47 jam 07.30
ilmu dan teknologi daging ruang 3 no 12 jam 07.30

yang mau ngasi contekan.. boleh deh..
haha

Bagai matahari dikala siang.. bagai sang bintang dikala malam..

Tak lelah hadirkan cahaya..

Tak lelah beriku senyum sapa.. pagi.. siang.. sore..

24 jam kalian berteriak menyapaku..

Teriakan itu terlontar sebuah kata “LUPAKAN!”

Lupakan.. lupakan.. lupakan.. dan lupakan..

Lupakan saja semua yang membuatmu jenuh zha! Ayo.. positiflah.. segera bangun.. berlarilah.. dan  menjemputlah impianmu..

Sangat indah di dengar.. kalian  beriku inspirasi baru..

Jika aku bertemu kalian, Tak ada hal yang bis aku perbuat.. hanya terimakasihku kupersembahkan padamu.

les toefel yogyakarta

cuma mau share.. lagi ngikut kursus toefl ni di pusat pelatihan bahasa ugm.

asik..  pake mahal.. di jamin kualitasnya..

hehe

ane ngikut yang intensif.. jadinya senin ampe jumat kursusnya.. jm18.30-21.10

waktu seluruhnya 100 :D

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.